Ikan Tuna merupakan komoditas perikanan tangkap yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Tuna adalah ikan laut yang terdiri dari beberapa spesies dari famili Scombridae, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang handal (pernah diukur mencapai 77 km/jam). Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Ini disebabkan karena karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin dari pada ikan lainnya.

ikan tuna juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan ikan laut lainnya yaitu dapat hidup di dalam air dengan suhu yang sangat dingin, ikan yang memiliki banyak spesies dan merupakan ikan yang paling dan enak dan memiliki zat sangat baik bagi kesehatan. Penasaran mengenai manfaat ikan tuna bagi kesehatan? silahkan simak ulasan sebagai berikut.

Mengatasi Stres
Manfaat yang pertama adalah kandungan zat dalam ikan Tuna mampu mengatasi stres. Hal ini dikarenakan tuna mengandung omega 3 dan asam lemak yang esensial lainnya. Selain itu ikan tuna sangat baik untuk menjaga ketidakseimbangan hormon seseorang khusususnya bagi para wanita yang cenderung memiliki hormon yang sangat labil dan pemicu terjadinya stres.
Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh
Ikan tuna memiliki kandungan mineral dan selenium, kandungan tersebut dipercaya memiliki manfaat dalam melancarkan proses detoksifikasi di dalam tubuh. Bukan hanya itu saja ikan tuna juga dipercaya dapat membantu proses diet. Namun apabila terlalu banyak pasti akan mengganggu progam diet anda

Menyehatkan Jantung
Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan tuna selain dapat membantu mengurangi stres juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Salah satunya adalah dapat mencegah penyakit kardiovaskulae dan melindungi jantung dari detak jantung yang abnormal.

Meningkatkan Perkembangan Otak
Ikan tuna juga memiliki manfaat untuk meningkatkan perkembangan otak khususnya bagi anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kandungan asam lemak esensial omega 3 yang terdapat dalam ikan tuna. Adapun zat tersebit sangat berkontribusi untuk membantu proses perkembangan otak. Selain itu menurut sebuah penelitian mengatakan bahwa ikan tuna sangat membantu dalam menenangkan gejala  ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas anak-anak yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.

Membantu Sistem Imun Tubuh
Selain memiliki kandungan asam lemak omega 3, ikan tuna juga memiliki kandungan antioksidan dan sumber selenium yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Menjaga sistem kekebalan tubuh memang sangat penting dikarenakan sistem imun bagian integral untuk melawan sumber penyakit dan infeksi.

Sumber Vitamin B
Manfaat ikan tuna yang terakhir adalah sebagai salah satu sumber vitamin B. kandungan vitamim B dalam ikan tuna ini dapat membantu membangun dan memelihara sel-sel darah merah dan meningkatkan energi dalam tubuh.

Logo Hari Pers Nasional 2017

Subscribe Via Email

Dapatkan Informasi Terbaru Via Email dengan bergabung bersama mailing list kami

Subscibe Sukses

Essential SSL