Produk unggulan daerah merupakan suatu barang atau jasa yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan berdaya saing. salah satu produk unggulan daerah Maluku yang menggunakan pendekatan one village one product (OVOP) adalah Jus Pala, yang merupakan minuman olahan dari buah pala

Buah Pala yang memiliki nama latin Myristica Fragrans Houtt merupakan tanaman asli Indonesia yang sangat dikenal oleh banyak orang baik dalam negeri maupun manca negara. Selain sebagai rempah-rempah, Pala juga berfungsi sebagai tanaman penghasil minyak atsiri yang digunakan dalam industry pengalengan, minuman dan kosmetik. Pohon Pala tumbuh subur di Maluku, hal inilah yang membuat Bapak Yasin Sialana yang juga merupakan seorang Aparatur Sipil Negara membangun usaha pembuatan jus pala di desa nya dengan memberdayakan masyarakat desa melalui Koperasi.

Dalam menjalankan aktifitas usahanya membuat jus pala, Bapak Yasin bersama dengan pengurus KUD Tomasiwa pun terus berinovasi, dan berekspansi demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera di desanya. Hasil rintisan usahanya pun tidak sia-sia, berbekal modal ilmu yang didapat dari pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh UNESCO, akhirnya beliau mampu membuat beberapa usahawan lainnya ikut untuk membuat usaha tandingan.

Merek Jus Pala Morella diambil dari nama kampungnya berasal, yaitu negeri Morella yang berada di jazirah Leihitu Kabupaten Maluku Tengah, daerah yang juga terkenal dengan budaya adat pukul sapu yang selalu diselenggarakan setiap tahun. Jus Pala Morella sudah terkenal hingga ke Jakarta, dan bisa dibeli di Paviliun Maluku gedung SME Tower (dulu SMESCO UKM) di Jl, Gatot Subroto. Artis, hingga pejabat sekelas menteri dan wakil presiden pernah merasakan kesegaran jus pala ini, konon jus pala dapat menghilangkan rasa mual, lelah dan dapat menyembuhkan penyakit insomnia.

Logo Hari Pers Nasional 2017

Subscribe Via Email

Dapatkan Informasi Terbaru Via Email dengan bergabung bersama mailing list kami

Subscibe Sukses

Essential SSL